PERBEDAAN SENI RUPA ANAK DENGAN ORANG DEWASA
Seni rupa adalah karya cipta manusia, merupakan curahan isi jiwa (akal,
pikiran, dan perasaan) sebagai hasil sentuhan pengalaman yang berkesan, yang
diwujudkan melalui unsur-unsur visual (rupa) seperti garis, bidang, warna,
tekstur, volume, dan bentuk. Letak perbedaan antara seni rupa ciptaan orang
dewasa/seniman dan ciptaan anak adalah pada penerapan kaidah dan visi seninya.
Seni rupa karya orang dewasa diukur dan dinilai dari beberapa aspek, seperti
gaya/corak dan alirannya, teknik dan penggunaan alat serta bahannya,
pengorganisasian unsur-unsurnya, pesan yang dibawakannya, kebaharuan atau
kemutakhirannya, kemurnian ciptaannya, dan sebagainya. Karya orang dewasa
dipandang dari aspek nilai seni produknya, karena wujud karya itulah sebagai
target akhir ciptaannya.
Seni rupa bagi anak adalah sebagai media kegiatan untuk mengembangkan potensi jiwa
dalam pengembangan diri. Pengalaman berseni rupa bagi anak merupakan bagian
dari kehidupannya. Melalui pengalaman berseni rupa, anak mengenal olah pikir,
olah rasa, dan olah krida sebagai perluasan lahan bermain yang harmonis. Dengan
mengamati, meniru, mengangan-angan, mencoba, dan mencipta suatu perwujudan
melalui pengorganisasian unsur-unsur visual, berarti anak telah berseni rupa.
Untuk mewujudkan karyanya dapat melalui penggunaan berbagai alat dan bahan
(media) dengan berbagai ragam caranya. Memandang keberhasilan seni rupa anak
bukan semata-mata hanya dari segi produk ciptaannya saja, bahkan yang lebih
penting adalah dari segi proses penciptaannya. Produk ciptaan bukanlah target
akhir bagi anak. Melakukan kegiatan berseni rupa merupakan lintasan yang sangat
penting bagi anak untuk pertumbuhan jiwa raganya.
MEMBINA SENI RUPA ANAK
A. Motivasi
Pemberian motivasi merupakan upaya untuk membangkitkan minat anak
terhadap tugas yang akan diberikan untuk dikerjakan. Model motivasi banyak
sekali tergantung tingkat usia anak, keadaan lingkungan atau suasana, dan arah
tujuan permbinaan saat itu. Motivasi dapat berupa cerita, nyanyian, sentuhan
suasana yang aktual, atau rekaman pengalaman anak yang dapat diungkap kembali.
B.
Peragaan
Peragaan adalah penampilan objekyang dapat diamati dan
diperbincangkan relevan dengan tugas yang akan dilaksanakan oleh anak. Dalam
hal ini objek tersebut berupa contoh hasil karya, tetapi bukan semata-mata
untuk dicontoh, melainkan untuk memperjelas keterangan dan sekaligus memberikan
daya tarik bagi anak. Untuk peragaan ini anak juga dapat langsung diajak
mengamati dan menghayati benda-benda dan keadaan sekitar. Suasana interaksi
antara pembina dan anak harus selalu dikondisikan dalam suasana segar, bebas,
dan gembira.
C. Pelatihan
Untuk pelatihan dapat dibeikan setelah anak memahami apa yang
diperagakan dan memahami tugas yang disampaikan oleh pembina. Anak diberi
kebebasan menerima makna tugas dan mencoba menggunakan media yang ada. Dalam
proses pelatihan ini terjadi alur penciptaan yang meliputi penyusunan konsep
dan penuangan ide, pengorganisasian unsur-unsur visual seperti pemilihan objek
dan penyusunan komposisi, pengenalan dan percobaan penggunaan media, diakhiri
dengan tahap penyelesaian.
D.
Pemantapan
Dalam tahap ini benar-benar pembina berperan penuh sebagai pamong
yang harus bertindak “Tut Wuri Handayani”. Pembina yang semula melakukan
bimbingan secara klasikal/kelompok bersama-sama, di sini lebih terarah pada
bimbingan individual. Dalam pemantauan, pembina dapat berdialog langsung dengan
setiap anak sesuai dengan permasalahn atau kesulitan yang dihadapinya. Sifat
dialog bernuansa pemberian stimulasi untuk penemuan pemecahan permasalahan oleh
si anak didik.
E. Pemaparan
Akhir dari pembinaan berupa pengumpulan karya anak yang dapat
dipamerkan atau dipertunjukkan untuk dapat diamati bersama-sama, jika
memungkinkan dapat dibahas, dibicarakan, dikaji dan didiskusikan oleh anak.
Dengan penuh pertimbangan pembina dapat memberikan pujian untuk hasil yang
dikerjakan dengan bagus. Pada dasarnya pada tahap ini pembina telah melakukan
evaluasi.
Casinos in Malta - Filmfile Europe
BalasHapusFind the best 와이즈토토 Casinos in Malta including 룰렛 bonuses, games, 1xbet login games and the history of games. We communitykhabar cover all the main reasons to visit Casinos in 강원 랜드 바카라