Senin, 06 Agustus 2012


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  SD NEGERI SIMO 02
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / I (satu)
Pertemuan Ke
: 1 – 2
Alokasi Waktu
: 4 x 35 MENIT


Standar Kompetensi
SENI RUPA
1.   Mengapresiasi Karya Seni rupa

Kompetensi Dasar
1.1    Menjelaskan makna seni rupa terapan.
1.2  Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.

I.   Tujuan Pembelajaran**
·         Siswa dapat menjelaskan makna  seni rupa terapan
·         Siswa dapat menyebutkan contoh seni rupa terapan.
·         Siswa mampu mengungkapkan  karya seni rupa dan kegunaannya.
·         Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri dari seni rupa terapan yang ada di daerah tempat tinggal siswa.
·         Siswa dapat menjelaskan jenis  seni rupa  terapan yang merupakan 2 dimensi.
·         Siswa dapat menjelaskan jenis seni rupa  terapan yang merupakan 3 dimensi.
·         Siswa dapat mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa terapan 2 dimensi
  • Siswa dapat mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa 3 dimensi.

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
a.       Seni Rupa dan Kegunaanya
b.      Mengenal seni rupa terapan
III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.      Apersepsi
2.      Salam pembuka
3.      Mengabsen siswa
4.      Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.      Memperlihatkan karya seni rupa terapan melalui majalah atau Koran yang dibawa oleh guru
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
·         Siswa dapat Menjelaskan makna seni rupa terapan.
·         Siswa dapat Mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat
·         memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
·         melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
·         memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa terapan, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa terapan
·         Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
·         Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa terapan melalui bentuk 2 dimensi, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa terapan
·         Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
·         Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami
·         Mengarahkan siswa untuk menulis komentar tentang karya dalam film tersebut komentar
·         memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
·         memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.


§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Memberikan tugas membuat laporan hasil diskusi dan pengamatan untuk setiap kelompok
·         Mengerjakan soal-soal uji kompetansi.
· Memberikan tugas membawa contoh karya seni rupa dua dimensi karya seni rupa terapan sederhana


V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Melakukan pengamatan seni rupa terapan
·         Menyimak penjelasan tentang makna  seni rupa terapan.
·         Melakukan diskusi untuk mencari contoh seni rupa terapan.
·         Menyebutkan contoh-contoh karya seni rupa terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.
·         Melalui pengamatan model  dan diskusi, siswa menjelaskan cirri-ciri seni rupa terapan yang ada di daerahnya masing-masing.
·         Melalui Pengamatan pada model, siswa menjelaskan beberapa jenis seni rupa terapan yang pernah diamati.
·         Menjelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
·         Melalui pengamatan, diskusi dan penjelasan guru siswa menjelaskan jenis seni rupa 3 dimensi.
·         Melalui tugas individu dan kelompok, siswa mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi
Tes tulis
Unjuk kerja
·         Jelaskan makna seni rupa terapan  ?
·         Sebutkan contoh seni rupa terapan.
·         Sebutkan contoh-contoh karya seni rupa terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.?
·         Jelaskan cirri-ciri seni rupa terapan yang ada di daerahnya masing-masing.?




·         Jelaskan jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.
·         Jelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
·         Jelaskan jenis seni rupa 3 dimensi.
·         Sebutkan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
·             Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

·             Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
·        Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :

1 komentar:

  1. Slots Casino Site in India » Review 2021 | Games | Lucky Club
    Slots Casino ⚡ ✓ Always Up To Date ✓ ✓ Latest Slots and Games ✓ luckyclub Sign Up Offers ✓ Secure & Trusted ✓ Secure ✓ Only here!

    BalasHapus